Menu Close

Cefadroxil, Antibiotik untuk Infeksi Bakteri

Cefadroxil merupakan obat antibiotik untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri, seperti contohnya infeksi bakteri pada paru – paru dan juga saluran udara, termasuk di dalamnya yaitu saluran hidung, tenggorokan dan sinus.

Fungsi dari obat yang satu ini tak hanya itu saja, tapi banyak sekali fungsi cefadroxil. Dalam artikel terbaru ini akan kami ulas mengenai apa saja manfaat dari cefadroxil yang perlu Anda ketahui.

Apa Saja Manfaat dari Cefadroxil?

 

Cefadroxil merupakan salah satu obat yang mana di sini digunakan untuk menyembuhkan beberapa infeksi bakteri. Sementara infeksi bakteri tersebut antara lain yaitu :

  1. Infeksi bakteri pada bagian hidung, telinga dan tenggorokan, seperti contohnya otitis media, tonsilitis dan juga faringitis.
  2. Infeksi pada jaringan lunak atau kulit, seperti contohnya cellulitis, abses, erisipelas dan mastitis.
  3. Infeksi bakteri pada bagian ginjal contohnya peulonefritis.
  4. Infeksi kandungan.
  5. Infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih.
  6. Infeksi bakteri pada bagian tulang, contohnya osteomyelitis.
  7. Infeksi yang terjadi di bagian sendi, yaitu septic arthritis.

Namun tak hanya itu saja, cefadroksil obat yang umumnya dipakai sebelum prosedur gigi pada pasien dengan menggunakan katup jantung sintesis untuk mencegah infeksi serius pada bagian lapisan jantung.

Cefadroxil itu sendiri adalah obat yang masuk dalam golongan antibiotik sefalosporin. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dari bakteri penyebab infeksi. Seperti antibiotik lainnya, cefadroxil hanya bisa dipakai untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan disebabkan oleh virus.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan cefadroxil untuk penyakit seperti contohnya influenza, maka hal tersebut akan sia-sia saja sekalipun gejala yang muncul sama.

Penggunaan antibiotik cefadroxil yang terlalu berlebihan atau tidak diperlukan, akan membuat keampuhan dari obat berkurang, serta membuat tubuh Anda menciptakan imunitas pada antibiotik tersebut. Oleh karena itulah penting untuk menggunakan obat tersebut hanya dengan menggunakan anjuran dokter.

Cara Kerja Cefadroksil

Cefadroxil merupakan jenis obat yang bekerja dengan cara menghambat terbentuknya protein penyusun dinding sel bakteri. Obat yang satu ini akan merusak ikatan penahan dinding sel untuk mematikan bakteri penyebab penyakit.

Mekanisme kerja itulah yang menjadikan cefadroksil menjadi salah satu obat yang memiliki spektrum luas untuk membunuh banyak macam bakteri, baik itu bakteri gram negatif ataupun bakteri gram positif.

Sementara untuk dapat memastikan bakteri penyebab infeksi rentan pada obat cefadroxil, dokter akan mengambil sampel urin, darah dan juga sampel jaringan dari tenggorokan dan kulit Anda.

Dalam menggunakan cefadroxill ini Anda memerlukan resep dari dokter. Maka dari itu selalu ikuti aturan yang dianjurkan oleh apoteker ataupun dokter sebelum akhirnya Anda mengonsumsi cefadroxil.

Selalu baca panduan obat yang tertera di label kemasan sekalipun di sini Anda pernah minum obat tersebut sebelumnya. Konsultasikan dengan apoteker ataupun dokter untuk memperoleh penjelasan yang lebih pasti.

Jangan mengonsumsi obat ini dengan gegabah, karena ditakutkan nanti akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Itulah tadi hal – hal yang dapat kami jelaskan mengenai apa saja manfaat yang dimiliki oleh cefadroxil sebagai obat untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Bagi Anda yang saat ini tengah mengalami infeksi bakteri di bagian tertentu seperti yang telah kami sebut di atas, maka Anda bisa segera konsultasikan pada dokter mengenai pemakaian cefadroxil ini.

Deangan begitu Anda dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan obet tersebut dengan baik dan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *