Menu Close

Yuk Pahami Apa Itu Bipolar Disorder dan Penyebabnya!

Apa itu bipolar

Di era sekarang ini, tidak jarang dijumpai baik dari kalangan remaja hingga dewasa mempunyai masalah dengan psikisnya. Salah satunya adalah mengalami gangguan pada mentalnya. Kerap kali ditemukan sebagian individu yang sering mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba.

Apa yang Dimaksud dengan Bipolar Disorder? – Pengertian atau Definisi

Apa itu Bipolar disorder merupakan gangguan pada mental seseorang yang ditandai dengan adanya perubahan pada suasana hatinya atau mood secara drastis dan tiba-tiba. Biasanya, penderitanya akan merasa senang. Kemudian, berubah mendadak sedih dalam waktu yang sangat singkat.

Selain itu, berdasarkan National Institute of Mental Health, bipolar disorder kerap kali dikenal dengan nama penyakit mania deresif. Pada dasarnya, gangguan ini menyerang psikis penderitanya. Hal ini mengakibatkan perubahan suasana hati, energi, tingkat konsentrasi yang berlangsung dalam satu waktu.

Disisi lain, bipolar disorder dapat diderita oleh setiap individu dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, ada yang menderita gangguan ini seumur hidupnya. Hal itu mengakibatkan penurunan produktivitas penderitanya. Untuk mengatasinya, biasanya pasien akan diberikan obat serta terapi.

Siapa Penderita Bipolar Disorder?

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Bahwa setiap individu mempunyai potensi menjadi salah satu penderita gangguan ini. Hal ini dikuatkan dengan hasil dokumentasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2017, menyatakan bahwa hampir 45 juta orang menderita bipolar disorder.

Kerap kali dijumpai bahwa penderita bipolar disorder sebagian besar adalah individu yang berada pada awal masa dewasa. Bahkan hampir dari mayoritas keseluruhan kasus terkait gangguan ini dialami oleh orang dengan usia di bawah 25 tahun.

Hal tersebut,  tidak menutup kemungkinan apabila remaja, anak-anak, hingga dewasa pun bisa mengidap bipolar disorder. Penderita gangguan ini biasanya akan mengalami penurunan pada produktivitas serta kinerjanya. Bahkan, cukup sering dijumpai pasien susah untuk fokus pada hal tertentu.

Apa yang Menjadi Latar Belakang atau Penyebab Munculnya Bipolar Disorder?

Pada dasarnya, penyebab munculnya bipolar masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa yang menganggap bahwa gangguan ini dipengaruhi faktor genetik. Dengan kata lain, terdapat salah satu anggota keluarga yang mengidapnya. Berikut ini beberapa kemungkinan yang lain.

  1. Mengalami Stres Berat Karena Kehilangan Sosok yang Berarti dalam Kehidupannya

Faktor yang mungkin saja menjadi salah satu penyebab seseorang mengidap bipolar disorder adalah stres. Tidak jarang ditemukan beberapa dari sebagian individu yang menderita gangguan ini mempunyai banyak masalah. Hal tersebut berubah menjadi beban serta tekanan pikiran mereka.

Sebagai contoh, ketika anda kehilangan sosok yang sangat berarti dalam hidup secara tiba-tiba. Apakah tidak merasa sedih, atau sangat terpukul karena itu?. Nah, inilah yang menyebabkan seseorang merasa stress akibat bayang-bayang orang yang dicintainya masih tetap ada.

  1. Memiliki Ketergantungan Minuman Beralkohol serta Penyalahgunaan NAPZA

Beranjak ke faktor penyebab yang berikutnya adalah ketergantungan minuman beralkohol dan penyalahgunaan napza. Salah satu jenis narkotika yang bisa menyebakan gangguan ini ialah kokain. Zat ini terbuat dari tanaman Erythroxylon coca.

Kokain sendiri dapat menyebabkan metabolisme sel berjalan dengan cepat. Untuk itu, penggunaanya pun harus di bawah pengawasan seorang ahli seperti dokter, dan semacamnya. Sedangkan, penyalahgunaan napza ini mengakitbakan penggunanya mengalami perubahan dalam waktu singkat dan sangat disarankan untuk rehabilitasi narkoba dan biaya rehabilitasi narkoba tergantung dengan apa yang ingin direhabilitasi.

Kurang lebih itu tadi pemaparan yang dapat kami sajikan secara ringkas, padat, dan jelas. Penjelasan yang diberikan terkait bipolar disorder diharapkan bisa menambah wawasan anda. Disertai dengan beberapa penyebab yang menjadi alasan seseorang mengidap gangguan ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.