Lifestyle

5 Cara Membersihkan Toilet di Rumah

Toilet rumah yang kotor tentunya membuat jijik dan tidak nyaman saat memakainya. Tidak hanya toilet namun lantai kamar mandi yang jarang dibersihkan, apalagi jika sudah muncul berbagai kerak, jika dibiarkan akan menjadi sarang infeksi bakteri dan virus. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan material di kamar mandi yang mudah dibersihkan, seperti pintu kamar mandi PVC. Pintu jenis ini memiliki material yang kuat, sehingga memiliki ketahanan yang lama. Selain itu, kemudahan pemasangan dan perawatannya  yang simpel membuat pintu ini tetap bersih dan bebas karat.

 

Lalu bagaimana cara memberikan toilet di rumah? Berikut 5 cara yang bisa diterapkan.

 

  1. Gunakan Pembersih Khusus Toilet

Pembersih toilet khusus mengandung bahan-bahan kimia yang dirancang untuk mengatasi kotoran dan bakteri di toilet. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan cermat dan gunakan sarung tangan saat mengaplikasikannya. Oleskan pembersih ke seluruh permukaan toilet, termasuk dalam mangkuk dan luar tangki, lalu biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya.

 

  1. Sikat Toilet Secara Rutin

Sikat toilet adalah alat yang efektif untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menempel di permukaan toilet. Gunakan sikat toilet yang kuat dan memiliki bulu-bulu yang kokoh untuk membersihkan bagian dalam mangkuk toilet. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian secara menyeluruh, termasuk di bawah tepi mangkuk dan di sekitar lubang pembuangan.

 

  1. Gunakan Larutan Pembilas

Setelah membersihkan toilet dengan pembersih dan sikat, bilas toilet dengan air bersih untuk menghilangkan residu pembersih dan kotoran yang terangkat. Anda juga dapat menggunakan larutan pembilas yang terbuat dari campuran air dan cuka atau baking soda. Campurkan satu bagian cuka atau baking soda dengan satu bagian air, lalu bilas toilet dengan larutan tersebut untuk meningkatkan efek pembersih dan menghilangkan bau tidak sedap.

 

  1. Fokus pada Bagian-bagian Sulit Dijangkau

Bagian-bagian tertentu di toilet, seperti bawah tepi mangkuk dan sela-sela di sekitar dasar toilet, seringkali menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kotoran. Gunakan sikat atau kain yang dapat dijangkau dengan mudah untuk membersihkan bagian-bagian ini secara menyeluruh. Jangan lupa untuk membersihkan juga pegangan pintu dan permukaan di sekitar toilet.

 

  1. Jaga Kebersihan secara Rutin

Salah satu kunci utama untuk menjaga toilet tetap bersih adalah dengan membersihkannya secara rutin. Buatlah jadwal untuk membersihkan toilet setidaknya sekali seminggu, atau lebih sering jika diperlukan terutama jika toilet digunakan oleh banyak orang. Dengan menjaga kebersihan secara rutin, Anda dapat mencegah penumpukan kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

 

Dengan menerapkan lima cara di atas, Anda dapat menjaga toilet di rumah tetap bersih dan higienis dengan efektif. Pastikan untuk selalu rutin membersihkan toilet setiap seminggu sekali.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *